Jaringan Dasar (PAN, LAN, MAN, WAN)

Pengertian Jaringan PAN 
Jaringan PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang.Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter.PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink).Personal area jaringan kabel mungkin dengan komputer bus seperti USB dan FireWire.A wireless personal area network (WPAN) ju ga dapat dimungkinkan dengan teknologi jaringan seperti IrDA, Bluetooth, UWB, Z - Wave dan ZigBee
Pengertian Jaringan LAN
Jaringan LAN atau  Local  Area  Network adalah  jaringan  komputer  yang  jaringannya  hanya mencakup  wilayah  kecil  ,  seperti  jaringan  komputer  kampus,  gedung,  kantor,  dalam  rumah, sekolah atau yang lebih kecil. 


Langkah Kerja Membuat Jaringan LAN
1) Sebelumnya harus mengetahui dahulu tipe jaringan yang ingin digunakan dengan cara harus memahami macam– macam topologi jaringan.
2) Selanjutnya , pasang kabel dan network card. Pemasangan kabel disesuaikan dengan topologi atau tipe jaringan yang digunakan atau yang sudah dipilih. Sedangkan pemilihan network card disesuaikan dengan slot yang ada pada motherboard. Bila board kitapunya slot PCImaka itu lebih baik karena LAN card berbasis PCI bus lebih cepat dalam transfer data.
3) Bila kita menggunakan tipe bus maka pada masing – masing komputer harus dipasang Connector yang memiliki dua input dan pada komputer yang hanya memilikisatu input pada input kedua harus di pasang terminator, kecuali bila kita membangun jaringan berbentuk circle ( lingkaran ) dimana semua komputer mendapat dua input. Misalnya : Komputer 1, Komputer 2, Komputer 3 berjajarmaka T-Connector pada Komputer 1 dipasang terminal tor dan kabel keKomputer 2. Pada Komputer 2 dipasang kabel dari Komputer 1 dan kabel keKomputer 3, sedangkan Komputer 3 dipasang kabel dari Komputer 2 dan terminator.
4) Bila kita memilih tipe jaringan Star, maka masing –masing kabel dari komputer dimasukkan kedalam port yang tersedia di HUB dan bila kita ingin menghubungkan HUB inike HUB lainnya, maka menggunakan kabel UTP yang dimasukkan ke port khusus yang ada pada masing –masing HUB. 

5)Pilih sistem operasi yang sesuai, misalnya : Windows atau Linux, persiapkan  Komputer Server   yang   memadai   sesuai   dengan   jumlah   clien.   Lalu   pilih   jenis   jaringan, misalnya :Jaringan Kabel atau  Wireless. 

Pengertian Jaringan MAN
Jaringan MAN atau Metropolitan Area Network adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer   data   berkecepatan   tinggi   yang   menghubungkan   berbagai   lokasi   seperti   kampus, perkantoran,  pemerintahan,  dan  sebagainya.  Meliputi  area  seluas  antara  5  dan  50  kisaran  km. Banyak MAN mencakup area perkotaan. 
Pengertian Jaringan WAN
WAN  (Wide  Area  Network) merupakan  jaringan  komputer  yang  mencakup  area  yang  besar  sebagai  contoh  yaitu  jaringan  komputer  antar  wilayah,  kota  atau  bahkan  negara,  atau  dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi  publik.  Internet  merupakan  contoh  dari  jaringan  WAN  iniJika  Wide  Area  Network  sudah  mencakup area intercontinental maka disebut jaringan informasi global atau internet.









http://Link-exchange.comxa.com Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner